18.3.15

Cara Cek Batu Akik Mata Kucing Asli atau Palsu

A d v e r t i s e m e n t

Cara Cek Batu Akik Mata Kucing Asli atau Palsu - Trend batu mulia seperti kita ketahui saat ini sedang begitu menanjak pamornya. Hampir disetiap kota maupun desa banyak sekali yang membahas maupun bertransaksi jual beli batu akik atau batu permata. Mulai dari yang nilainya puluhan atau ratusan ribu rupiah sampai dengan yang bernilai jutaan rupiah bahkan lebih. Tidak hanya dari kalangan masyarakat biasa, namun demam batu akik juga melanda beberapa artis ibukota yang sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan masyarakat di Indonesia.

Maka dari itu, tidaklah mengherankan jika batu akik saat ini benar-benar menjadi sebuah benda atau barang yang cukup istimewa untuk sebagian orang. Naiknya pamor batu akik tersebut tentu saja membuat harga batu akik juga turut melambung. Dan karena keuntungan yang didapatkan bisa cukup lumayan, tidak sedikit akhirnya yang mendadak beralih menjadi pedagang batu akik, maupun yang sekedar iseng melakukan jual beli batu akik.

Batu Akik Mata Kucing Asli atau Palsu
Dalam kondisi dimana batu mulia / batu akik sedang menjadi trend seperti sekarang ini, bukan tidak mungkin akan beredar jenis-jenis batu palsu. Untuk itulah sudah sewajarnya bagi para penggemar, pecinta, pemburu atau kolektor batu akik harus tetap waspada sebelum memutuskan untuk membeli batu akik dari seseorang atau penjual batu akik. Dan pada kesempatan kali ini, kami mencoba membahas mengenai tips atau cara membedakan batu akik mata kucing asli atau palsu. Dan langsung saja dapat anda simak caranya dibawah ini.

Cara membedakan batu akik mata kucing asli atau palsu

1. Amati Pola Batu Akik Mata Kucing

Cara yang pertama dilakukan secara manual dengan cara mengamati atau melihat langsung pola gambar mata kucing pada batu. Gunakan alat bantu seperti kaca pembesar atau alat lainnya agar anda dapat lebih maksimal dalam melihat dan mengamati batu tersebut. Dan sebelumnya tentunya anda juga harus sudah cukup paham atau setidaknya sudah tahu seperti apa pola gambar batu akik mata kucing sebelum melakukan pengamatan.

2. Amati Serat Inklusi Batu Akik Mata Kucing

Biasanya untuk batu yang berharga akan memiliki serat inklusi yang timbul secara alamiah, termasuk juga pada jenis batu mata kucing. Dan hal tersebut bisa dijadikan salah satu cara untuk membedakan batu akik mata kucing asli dan palsu. Batu mata kucing buatan tentu akan memiliki serat inklusi yang berbeda dengan yang alamiah. Nah anda dapat coba meminjam atau melihat contoh batu mata kucing asli ke teman anda atau dimana saja yang memiliki batu akik mata kucing asli, lalu bandingkan kedua batu tersebut.

3. Lakukan Uji Laboratorium

Cara yang ketiga ini adalah cara yang keakuratannya bisa lebih terjamin, yakni dengan cara melakukan uji laboratorium gemologi. Mungkin memang membutuhkan waktu dan mungkin biaya lebih untuk melakukannya, namun tentu hal tersebut lebih baik dilakukan bukan, daripada nantinya anda harus mendapati atau membeli batu akik mata kucing palsu. Karena jenis batu sintetis cukup sulit dibedakan dengan yang asli jika dilihat secara kasat mata, maka uji lab layak dilakukan dan akan menjawab apakah batu yang anda uji tersebut asli atau tidak.

Batu Mata Kucing
Nah, mungkin masih banyak cara membedakan batu akik mata kucing asli atau palsu yang lainnya, namun pada kesempatan kali ini, kami hanya membahas tiga cara diatas. Dan jika pada informasi diatas masih ada informasi yang salah atau kurang jelas, atau anda memiliki info mengenai cara lainnya dalam membedakan batu mata kucing asli dan palsu, anda dapat berpartisipasi dengan membagikan informasi tersebut melalui kolom komentar yang tersedia dibawah ini. Jika kami rasa informasi tersebut bermanfaat bagi yang lainnya, informasi tersebut akan kami tambahkan kedalam tulisan ini.

Sekian informasi mengenai Cara Cek Batu Akik Mata Kucing Asli atau Palsu untuk kali ini, jangan lupa untuk membagikan informasi ini ke teman-teman anda melalui tombol share dibawah, jika anda rasa informasi pada halaman ini bermanfaat. Terimaksih

A d v e r t i s e m e n t
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Cek Batu Akik Mata Kucing Asli atau Palsu

0 comments:

Post a Comment